PELATIHAN INSTRUKTUR NASIONAL SENI MUSIK

Reza Ginandha Sakti (kiri) saat mengikuti diklat Instruktur Nasional di Yogyakarta
Hari selasa, 7 Juni 2016, salah satu hari yang sangat pantas saya ingat di sejarah profesi saya sebagai Guru, pada hari itu saya mendapat undangan pelatihan Instruktur Nasional Seni Musik. Terkejut? tentu saja, karena yang saya tahu, IN biasanya diikuti oleh guru senior yang sudah memiliki jam terbang tinggi, sedangkan saya baru 3 tahun mengabdikan diri di dunia pendidikan. Namun apapun itu harus saya ikuti dengan semangat tinggi.

Pelatihan selama 11 hari dilaksanakan di hotel Sahid Raya Yogyakarta. Ini menjadi rekor terlama saya menginap di hotel, biasanya dalam acara musik ataupun memenuhi Undangan, saya hanya menginap maksimal 4 hari di hotel. Awalnya bahagia, merasa nyaman, namun setelah 5 hari saya merasakan bahwa hidup di hotel terlalu lama menyebabkan rasa bosan, bosan karena rutinitas yang sama : Jam 8 pagi sampai jam 17.00 diklat, setelah itu buka puasa, solat tarawih, mengerjakan tugas, tidur, sahur, jam 8 diklat lagi.

Ditempat tersebut saya banyak menemukan pengelaman dan pengetahuan baru di dunia pendidikan, baik itu Pedagogik ataupun andragogik. Saya menjalani dengan semangat, bayang-bayang tentang istri dan anak dirumah tentu saja sedikit mengganggu konsentrasi, namun bukan penghalang karena ini adalah sebuah tanggung jawab yang telah diamanahkan kepada saya.

Setelah 11 hari, tibalah saatnya penutupan acara, lega, namun juga sedih berpisah dengan rekan guru dari berbagai daerah yang telah akrab karena berkumpul dalam waktu yang cukup lama untuk ukuran sebuah diklat.


Siapa menanam, bakal menuai.

Comments

Popular posts from this blog

CARA MENULIS NOTASI DENGAN PARNUMATION (PART 2)

MENULIS PARTITUR DENGAN NOTASI ANGKA (PART 1)

ORIGINAL SOUNDTRACK FILM PRODUKSI DISNEY DALAM PERKEMBANGAN RASA ESTETIKA ANAK